digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

5 SUMBER INSPIRASI KONTEN MARKETING [IDE]

Artikel ini berisikan tentang pencarian ide untuk konten yang memang menjadi challenge tersendiri untuk para pekerja kreatif

Banyak sekali pekerja kreatif yang bersedih hati, karena terkadang ide untuk membuat konten justru datang pada waktu yang tidak terduga dan “tidak nyaman”

Otak kreatif ini mulai bekerja pada saat para tetangga pekerja kreatif justru sedang enak tidur, seperti contohnya artikel ini yang kami tulis tengah malam

Mencari ide untuk artikel ini sendiri membutuhkan wawancara dengan lebih dari setengah lusin kolega dan empat orang tim kami, beberapa jam kemudian kami membuat draft artikel yang memuat sekitar seribu lima ratus kata

Tentunya ide artikel ini tidak begitu saja langsung kami dapat, banyak ide lain yang keluar namun kurang sesuai. Ide sendiri seringnya kita harus mencari dan menemukannya.

Berikut adalah 5 sumber inspirasi konten biasa kami gunakan :

Baca juga artikel mengenai : 4 STRATEGI SEO EFEKTIF 2018

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

1. Update Industry

Perluas wawasan dan perspektif konten anda mengenai update industry anda yang dapat membantu tim expert anda meningkatkan kredibilitas serta memperluas jangkauan audience konten anda.

  • Mulailah dengan kejadian yang sedang berlangsung, sesuatu yang sekiranya akan banyak dibicarakan. Lalu hubungi group expert dari industry anda untuk melakukan wawancara. Selalu ingat bahwa expert dari luar perusahaan akan mampu menjadi sekutu yang baik.
  • Coba lihat trend yang happening dan memiliki korelasi relevan pada industry anda, anda bisa melihatnya dari press release, linkedin group, atau bahkan dari regulator industry anda sendiri.
digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

2. Data

Anda bisa menggali data lebih dalam dengan menggunakan 3 opsi dibawah ini :

  • Lakukan survey dan laporkan penemuan anda dengan menggunakan infografis atau artikel. Namun yang terpenting adalah kemampuan anda dalam menceritakan data tersebut.
  • Pergunakan data dari pihak lain untuk mendapatkan ide lalu lakukan cross check ide tersebut dengan tim expert anda untuk melihat kecenderungan trend yang terjadi.
  • Pergunakan data in house anda dengan seksama, jangan remehkan data yang anda punya untuk prediksi trend sejak awal. Semisal peningkatan permintaan servis tertentu, atau bahkan pengurangan belanja produk tertentu pada season tertentu.

Hal diatas dimaksudkan untuk anda mengeksplor seberapa besar pemahaman anda pada apa yang terjadi pada market dan perusahaan anda sendiri, sehingga anda mampu memikirkan langkah untuk melakukan sebuah perubahan yang berarti bagi klien anda.

Baca juga artikel mengenai : 7 STRATEGI PROMOSI MELALUI REVIEW [AMPUH]

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

3. Events

Terkadang ide membuat konten justru sudah ada dalam jadwal anda, terlebih apabila perusahaan anda seasonal membuat tur atau hosting event, ini bisa dijadikan bahan ide konten.

Pertimbangkan juga hal hal detail seperti meeting rutin atau proses bisnis sebagai event, kembangkan konten anda yang menggambarkan tentang cara kerja tim anda atau bisa juga mengenai step by step secara detail oleh tim expert anda.

Lakukan pendekatan event anda selayaknya akan melakukan live demo ke audience anda, buat audience anda paham dengan apa yang terjadi dan pelajaran apa yang mereka akan dapatkan.

Benefit utama dari konten dengan dasar yang mengakar pada event adalah kesempatan untuk menunjukan ke audience anda apa yang terjadi dan kenapa ini penting.

Dalam 6 bulan kedepan akses apa yang bisa anda dapatkan dan perlihatkan ke audience anda bahwa mereka mungkin tidak akan mendapatkan kesempatan lain untuk merasakan apa yang akan anda sajikan.

Baca juga artikel mengenai : 6 TIPS UPSELL DAN CROSS SELL [2018]

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

4. Associates

Satu hal menjadi kelebihan konten marketer di banding yang lainnya adalah anda memiliki apa yang orang lain tidak yaitu akses. Akses untuk bertemu dengan expert pada industry anda dan akses ke klien anda.

Orang akan selalu menjadi sumber utama dari ide konten, karena apa yang mereka lihat, dengar dan tahu merepresentasikan informasi yang audience anda ingin lihat, dengar, dan tahu juga.

Lakukan wawancara dengan tim expert anda atau expert dari industry anda akan sangat membantu konten anda, karena interview sendiri bisa di publikasikan sebagai Q&A, artikel atau mungkin video.

Bercakap cakap dengan klien juga bisa membuka pemahaman tentang bagaimana mereka menyelesaikan sebuah masalah yang mungkin menggunakan produk anda.

Sudah dapat dipastikan bahwa audience anda akan merasa sangat terbantukan dengan adanya masukan dari klien anda.

Saat anda mampu mengangkat sebuah cerita mengenai klien anda sebagai ide konten utama, dapat dipastikan konten anda akan lebih terasa original dan relevan.

Ini yang terakhir, melakukan wawancara dengan “kawan bisnis” anda atau dengan expert lainnya yang juga melayani tipe klien yang sama dengan anda akan menghasilkan sebuah ide baru yang original

(kami tidak ingin menyebut competitor karena sekarang sudah era untuk saling berkolaborasi antar bisnis untuk mendapat hasil maksimal dan memperluas cakupan pasar)

Mempublikasikan apa yang expert lain katakan juga akan berkesan bahwa perusahaan anda sangat percaya diri dan tidak semata mata egois.

Baca juga artikel mengenai : 5 CARA MEMPERBAIKI KONTEN MARKETING [TIPS]

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

5. Siklus

Mungkin sebagai konten marketer dan konten creator anda memiliki idealism untuk tidak menceritakan hal yang sudah pernah anda angkat, walaupun dengan cara yang berbeda.

Anda ingin untuk memproduksi konten yang merefleksikan realita yang ada hari ini, yang membuat orang orang menganggukan kepala mereka saat membaca konten anda dan paham bahwa hal yang anda sampaikan berguna.

Pertimbangkan menggunakan ide konten yang berulang tiap tahunnya, lalu buat relevan dengan keadaan yang ingin anda sampaikan kepada audience anda.

Ini ada beberapa favorit konten siklus dari tim kami :

  • Year in review: Saat menjelang pergantian tahun, apa yang bisa anda sampaikan mengenai hal yang terjadi dan perubahan pada perusahaan atau industry anda?
  • Prediksi: Apa hal yang akan terjadi dan menjadi sebuah trend pada industry anda baik dari sudut klien atau anda sebagai perusahaan
  • Statement: Pilih waktu dalam setahun untuk mengeluarkan statement berkaitan dengan perusahaan atau industry anda, mungkin lebih baik menjelang peak time perusahaan anda.

Perhatikan dengan seksama siklus bisnis anda dengan yang ada di calendar, sebagai contoh : semisal anda perusahaan travel sesuaikan konten yang akan dipublish dengan momentum saat perekonomian sedang baik sehingga menimbulkan minat audience anda untuk travel

Tidak peduli kapan anda menumakn sebuah ide untuk konten, apakah itu diatas tempat tidur pada saat anda sedang lelah, atau pada sebuah event.

Selama itu tidak relevan untuk audiences anda, atau pemilihan waktu yang kurang tepat sehingga kurang mendapat perhatian, move on.

Cari ide konten lagi karena kompetisi untuk memenangkan audience pada era ini adalah yang tertinggi, sehingga konten yang terbaiklah yang akan mendapat perhatian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *