digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

14 HARI KONTEN LINKEDIN ADS PART I [WORKPLAN]

Artikel ini berisi perencanaan konten linkedin ads selama 14 hari yang biasa digunakan oleh digital marketing agency, anda akan di tunjukan step by step bagaimana cara mengembangkan strategi linkedin ads, sehingga menjadi strategi yang efektif.

Artikel akan dibagi menjadi 2 bagian, agar memudahkan anda untuk membaca supaya pada hari ke 14 anda sudah dapat mengimplementasikan bagaimana cara efektif meningkatkan engagement user, membangung relasi, serta mendapatkan leads dari linkedin ads.

Oke, Sekarang kita mulai dari dasarnya terlebih dahulu ya.

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Hari 1 : Membuat Linkedin Company Page

Pastikan anda sudah mengoptimalisasi linkedin company page anda, dan memasukan keterangan atau informasi yang relevan serta up to date

Dengan mengoptimalkan linkedin company page anda akan membantu untuk strategi marketing baik untuk pengembangan ke arah iklan berbayar atau secara organik, sederhananya karena google ikut melakukan rank terhadap linkedin pages di search engine mereka

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Logo perusahaan merupakan representasi visual dari perusahaan anda, selalu menggunakan brand image yang mudah dikenali sehingga followers anda dapat mengetahui bahwa itu merupakan official page milik perusahaan saat anda memposting konten.

Ukuran optimal untuk logo di company page linkedin adalah 300×300 pixel.

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Header anda akan muncul tepat dibelakang logo perusahaan, sehingga memberikan spot yang cukup untuk melakukan showcase brand anda atau mungkin promosi special event yang akan berlangsung.

Jangan lupa untuk meracik sedemikian rupa tampilan header, baik untuk audiences atau untuk para pencari pekerja yang mendatangi laman company page linkedin perusahaan. Oiya ukuran header yang optimal adalah 646×220 pixel.

Bagian about us adalah tempat untuk memberikan informasi mengenai perusahaan anda, apa yang perusahaan lakukan, apa yang menjadi concern perusahaan anda, dan yang paling penting adalah bagaimana perusahaan anda dapat membantu mereka.

Selalu tambahkan link yang mengarah langsung ke website perusahaan dan selalu update bagian ini sehingga kredibilitas dan relevansi laman ini selalu terpelihara.

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Informasi tentang perusahaan ada dibawah summary, area ini bisa di isi dengan list informasi yang relevan mengenai perusahaan anda contohnya seperti seberapa besar perusahaan, dimana letak kantor pusatnya, bergerak di industry apa, mungkin juga jumlah karyawan yang ada diperusahaan anda, dll.

Kenapa hal ini penting? Karena hal ini dapat meningkatkan kredibilitas dan trust dari audiences serta job seeker sehingga mereka mengerti tentang perusahaan anda lebih detail.

Untuk bagian recent update biasanya berupa timeline untuk setiap update yang perusahaan posting, yang penting selalu posting secara regular untuk dapat menarik traffic serta selalu update.

Nah yang terakhir adalah bagian showcase, kalau perusahaan anda memiliki line up bisnis yang spesifik, brand, atau mungkin produk, anda bisa menaruhnya dibagian ini sehingga anda memiliki company page untuk masing masing secara spesifik.

Hari 2 : Memahami Linkedin

Oke setelah company page anda sudah selesai disiapkan, sekarang anda bisa memulai menggunakan linkedin sebagai media untuk mengembangkan jangkauan perusahaan anda, baik secara organic atau menggunakan sponsored content.

Pastikan juga bahwa anda memahami bagaimana cara kerja media social linkedin dan bagaimana cara paling efektif untuk memaksimalkan potensi dari konten strategi anda, kecuali anda memang ingin menghamburkan budget untuk marketing anda, itu sudah lain cerita.

Hal pertama yang dilihat oleh member linkedin saat mereka log in adalah sebuah feed timeline yang berisi posting konten dan update pekerjaan dari network mereka.

Di feed ini lah nanti sponsored konten anda akan tampil, sementara organic konten muncul hanya di feed timeline followers anda, sponsored konten akan muncul lebih luas namun tetap sesuai dengan kriteria target yang akan anda tuju (tergantung dari set up, perencanaan, dan budget)..

Ini memungkinkan untuk anda lebih mengeksploitasi konten yang memang sudah memiliki performance bagus secara organic sehingga memiliki jangkauan yang jauh lebih luas untuk meningkatkan engagement brand anda di linkedin.

Baca juga artikel mengenai : 4 KOMPONEN UTAMA DIGITAL MARKETING [PART I]

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Hari 3 : Identifikasi Target Audience

Akan sangat membantu apabila anda memiliki ide mengenai siapa target audience yang sesuai, sehingga bisa menghasilkan leads yang baik dari penggunaan sponsored konten pada linkedin.

Kepada siapa konten anda ditujukan dan apa yang menjadi concern mereka, ini adalah beberapa hal yang harus dapat anda jawab untuk menentukan siapa buyer persona anda yang digunakan sebagai representasi dari calon konsumen ideal anda.

Akan lebih baik bila anda mampu untuk lebih spesifik mengenai target audience dari konten marketing anda saat mengembangkan strategi untuk sponsored konten

Ini ada beberapa contoh hal yang harus anda jawab saat merumuskan buyer pesona untuk konten strategi anda:

  • Apa jabatan yang mereka pegang di perusahaan?
  • Dimanakah lokasi mereka?
  • Pada industry apa mereka bergiat?
  • Pada hal apa mereka tertarik akan suatu konten?

Lebih memahami target audience anda akan sangat memudahkan dalam membuat strategi konten sehingga memiliki tingkat efektifitas yang lebih baik dengan menggunakan fitur pada linkedin.

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Hari 4 : Organic Following

Sebelum anda melakukan campaign untuk sponsored konten, ada baiknya membangun followers secara organic terlebih dahulu agar tercipta kredibilitas dan memahami konten seperti apa yang disukai oleh audience anda.

Masalahnya membangun kredibilitas bukan pekerjaan yang mudah terlebih bila anda baru saja memulai menggunakan linkedin, pertimbangkan dengan baik penggunaan sponsored konten hingga memilki audience yang cukup.

Karena bila company page anda kurang memiliki kredibilitas yang cukup baik dari sisi konten atau followers akan mengurangi trust dari audience yang mengunjungi company page anda.

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Selaku digital marketing agency Jakarta tentunya memiliki beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mulai membangun atau meneruskan company page anda, berikut beberapa tips dan trick nya :

Update post secara regular – hal ini sudah menjadi keharusan karena menurut penelitian memilki korelasi antara peningkatan audience dengan update post secara reguler

Karena saat anda meng update post secara regular ada kemungkinan audiences anda akan melihat update anda juga, menurut linkedin sendiri perusahaan yang memiliki performa bagus di linkedin melakukan beberapa update posting setiap minggunya, bahkan ada yang setiap hari.

Tambahkan tombol social sharing dan sertakan juga link ke company page anda pada website juga social media lainnya. Dengan menambahkan tombol social sharing akan memudahkan audience anda menyebarkan sebuah konten yang menurut mereka bagus.

Ajak karyawan dan kolega yang memiliki linkedin untuk meng add company page anda serta mem follow. Sedikit banyak akan membantu meningkatkan coverage dari network mereka.

Apabila memungkinkan anda bisa juga mengupdate bagian karir secara berkala dengan posting lowongan pekerjaan yang memang anda perlukan. Orang orang yang sedang mencari informasi mengenai pekerjaan akan dengan mudah menemukan anda.

Selalu update company page profile anda, karena setiap update akan ditampilkan pada followers feed, sehingga memungkinkan untuk share ke network yang mereka punya.

Merespon pada setiap komen yang ada, melakukan likes atau sekedar membagikan posting dari akun lain yang masih relevan, atau aktif pada group industry yang sesuai juga sangat berpengaruh terhadap nilai engagement yang akan didapat.

Bicarakan kepada karyawan atau konten writer anda untuk memuat dan publish long form konten pada linkedin sehingga akan mendorong komen dan shares.

Follow juga bisnis page yang lain atau influencer lain yang masih sesuai dengan bidang industry anda dan berkomunikasi dengan mereka untuk membantu visibilitas brand anda.

Baca juga artikel mengenai : 4 CARA OPTIMASI SOSIAL MEDIA [2018]

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Hari 5 : Identifikasi Konten

Strategi konten marketing pada linkedin jangan hanya bergantung pada sponsored konten saja, kalau memang tujuannya untuk meningkatkan traffic ke laman konten, anda harus juga bisa memaksimalkan penetrasi traffic dari organic.

Mengidentifikasi konten yang tepat bukan hanya perkara mengenai target yang sesuai, tetapi juga mengenai ROI pastikan anda mendapat efek yang sesuai bila kita berbicara mengenai sponsored konten karena ini merupakan fitur berbayar.

Menentukan objektivitas dan goal dari campaign sponsored konten anda sehingga memudahkan anda menemukan konten mana yang akan digunakan dan efektif.

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

1. Brand Awareness

Apakah objektif dan goals campaign dari sponsored konten anda adalah brand awareness atau buzzing pada event atau spotlight tertentu yang sedang dipromosikan oleh perusahaan?

Kalo iya jenis konten yang akan di promote untuk awareness campaign harus terlihat mencolok sehingga memudahkan untuk menarik perhatian.

Ini beberapa jenis konten yang dapat anda gunakan :

  • Company Blog Posts
  • Press Releases
  • Long-form post
  • Visual
  • Video
  • Showcase Pages
  • Product Announcements

Beberapa metric yang dapat anda gunakan untuk dianalisa :

  • Engagement Rate
  • # (hashtag) impression
  • New Followers

Pro Tips:

  • Buat menarik secara visual, ukuran yang bisa digunakan adalah 1200×627 pixel
  • Pergunakan headline dan deskripsi yang catchy. Pertahankan maksimal di 150 karakter.
  • Sesuaikan dengan brand guideline yang ada.
  • Pergunakan framing kata kata yang mampu membentuk image anda.

2. Authority

Apakah objektif dan goals dari campaign sponsored konten anda adalah menjadi authority atau leader di bidang industry tertentu sehingga memiliki kredibilitas yang tinggi? Kalau iya buatlah konten yang berbeda dengan sharing tentang ilmu atau pengetahuan yang audience butuhkan.

Ini beberapa jenis konten yang dapat anda gunakan :

  • Podcast
  • Long-form post
  • Guest posts pada media yang diakui
  • Buat industry trend atau data.
  • Slideshares

Beberapa metric yang dapat anda gunakan untuk dianalisa :

  • Engagement Rate
  • # (hashtag) Impression
  • New Followers

Pro Tips:

  • Perguanakan kata kata yang sesuai dan mengundang mereka untuk komen atau share konten anda.
  • Jaga konsistensi “voice” yang keluar dari blog post.
  • Minta bantuan karyawan dan kolega anda untuk share agar membantu coverage secara organic.
digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

3. Lead Generation

Apabila anda ingin menarik traffic menuju landing page anda untuk mendapatkan informasi, pastikan anda benar benar membuatnya disesuaikan dengan kebutuhan audience yang mencari konten tersebut.

Ini beberapa jenis konten yang dapat anda gunakan :

  • Ebooks
  • Webinars/live streamed
  • Panduan atau cara
  • Blog posts dengan CTA
  • Freemium download
  • Membuat laporan Industry-related

Beberapa metric yang dapat anda gunakan untuk dianalisa :

  • Form submissions
  • MQL dan Cost per Qualified Lead
  • Conversion Rates
digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Hari 6 : Editorial Calendar Event

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai bagaimana penggunaan sponsored content untuk berbagai tujuan, mulai dari brand awareness hingga lead generation. Sekarang anda harus memikirkan bagaimana menyeimbangkan aliran konten yang akan anda posting terhadap audience anda.

Coba kita analogikan apabila anda selalu menulis jenis konten yang sama setiap kali update apa yang akan terjadi kepada nilai konversi anda mulai dari post 1 hingga update post ke 13 ? kemungkinan terbesar nilainya akan terus turun.

Hal yang sama juga berlaku pada strategi sponsored konten di linkedin ads, anda dituntut untuk memiliki variasi konten yang akan anda lakukan sponsored konten sehingga akan lebih efektif dalam meng engage audience serta membuat mereka tertarik dengan konten anda.

Cara paling efektif untuk memastikan variasi dari konten anda baik organic dan sponsored konten adalah dengan membuat editorial calendar event atau beberapa digital marketing agency Jakarta menyebutnya editorial plan.

Faktor apa saja kah yang harus menjadi pertimbangan saat membuat editorial calendar event untuk strategi konten marketing ?

  • Pertimbangkan hari dan minggu yang memiliki nilai engagement paling tinggi
  • Interval untuk melakukan posting konten baru
  • Variasi tipe konten
  • Variasi objektif dan goal konten

Tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit eksperimen terhadap variasi konten untuk menemukan pola strategi konten marketing yang efektif, karena setiap perusahaan memiliki pola uniknya sendiri.

Baca juga artikel mengenai : 17 STRATEGI SOSIAL MEDIA MARKETING [UPDATE]

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

Hari 7 : Aset

Kesuksesan dari setiap campaign sponsored konten memiliki banyak faktor, dimulai dari konten yang anda buat, apakah itu berkualitas dan relevan terhadap audience anda?

selanjutnya adalah penggunaan asset dan pesan pada konten yang akan dipromosikan, menjadi bagian penting untuk kesuksesan campaign sponsored konten anda.

Apakah asset dan pesan pada konten anda dapat dideskripsikan dengan tepat? Apakah pesan yang dipromosikan menggugah pembaca untuk mengklik CTA yang ada? Apakah visual yang ada mendukung konten menjadi lebih menarik saat berada di feed audience?

Visual Pro Tips:

  • Pergunakan Rich media (gabungkan beberapa visual seperti gambar, infografis, gif, atau video)
  • Anda bisa menggunakan Canva untuk membuat images yang sesuai dan mudah..
  • Pergunakan warna yang menarik dan mencolok namun tetap sesuai dengan brand guideline anda.
  • Selalu pertimbangkan design grafis yang mendorong untuk konversi.
  • Masukan CTA yang menarik.

Visual Assets

Ada 1001 cara untuk membuat konten visual yang menarik dan stand out untuk audience anda, hanya saja memang memerlukan sedikit kreativitas dan lebih banyak melakukan testing serta ketepatan dalam pemilihan tools pendukung agar lebih mudah.

Ini beberapa tipsuntuk membuat messaging yang bisa di lakukan :

Tulis headline yang catchy dan focus pada konteks sehingga membuat audience tertarik dengan konten yang anda buat

  • Masukan data statistic atau meng quotes dari konten yang telah dibuat.
  • Buat maksimal di 150 karakter atau kurang dari itu.
  • Buat juga URL yang sudah diperpendek dengan Bit.ly supaya copy anda clean
  • Jangan lupa untuk membuat tombol CTA

Lakukan test sebanyak mungkin untuk memperbaiki strategi sponsored konten anda sehingga semakin sempurna sejalan dengan waktu, jangan hanya terpaku pada satu teknik dan satu asset saja.

Visual Pro Tips:

  • Pergunakan Rich media (gabungkan beberapa visual seperti gambar, infografis, gif, atau video)
  • Anda bisa menggunakan Canva untuk membuat images yang sesuai dan mudah..
  • Pergunakan warna yang menarik dan mencolok namun tetap sesuai dengan brand guideline anda.
  • Selalu pertimbangkan design grafis yang mendorong untuk konversi.
  • Masukan CTA yang menarik.

Video Pro Tips:

  • Perhatikan thumbnail video anda, pastikan itu sesuai dengan konteks yang akan anda angkat.
  • Lakukan test dengan beberapa jenis video untuk melihat mana yang paling efektif.
  • Tambahkan teks pada video anda jadi audience bisa menontonnya walaupun dalam mode silent.

Wow sudah setengah jalan kita membahas artikel mengenai 14 Hari Konten Linkedin Ads [Workplan] masih ada 7 hari lanjutan yang nanti akan kita bahas di artikel selanjutnya, sebetulnya yang 7 hari lanjutan masih berbentuk draft namun akan segera kami selesaikan.

Oke kita akan sambung lanjutannya di artikel selanjutnya ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *