digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

17 STRATEGI SOSIAL MEDIA MARKETING [UPDATE]

Ini adalah cara beberapa digital marketing agency di Jakarta

meng handle strategi social media mereka :

  1. Buat postingan update.
  2. Pilih Facebook, LinkedIn, and Twitter
  3. Auto-publish update.

Sah sah saja sebetulnya dengan strategi diatas namun ada baiknya apabila memperhatikan bagaimana user audience anda berinteraksi dan mengkonsumsi konten pada setiap channel 

Oiya sebelumnya saya cuma mengingatkan social media terus berubah dan semakin canggih,tapi data yang saya berikan di bawah ini mungkin bisa digunakan sebagai acuan,

Baca juga artikel mengenai : 4 KOMPONEN UTAMA DIGITAL MARKETING [part I]

digital marketing agency jakarta, tiga digital solution

FACEBOOK

Berdasarkan info dari facebook, ada sekitar 1500+ stories yang difilter per harinya dari newsfeed user namun hanya 300 yang masuk ke newsfeed, hanya sekitar 1/3 dari total. 

Jadi bagaimana caranya untuk bisa minimal masuk ke 300 yang beruntung tersebut? Coba konsultasikan dengan digital marketing agency anda atau anda bisa lanjut membaca artikel dibawah ini.

1) Engage dengan image

Walaupun di facebook sudah bisa memasukan link di dalam posting fotonya, tapi kayanya images masih salah satu yang paling memiliki engagement rates tertinggi,

ya walaupun bukan artinya anda Cuma posting foto foto terus demi mendapatkan klik, kita bisa sedikit bermain dengan ini untuk mendapat variasi posting.

2) Kualitas gambar.

Sebenarnya kalo yang ini tidak terlalu menjadi masalah utama kalau anda mau sukses di social media, tapi boleh lah dijadikan pertimbangan juga ke audiences anda agar mereka enak untuk mengkonsumsi baik gambar, link preview, atau video pada sosial media anda.

Jadi efek tidak langsungnya bisa membuat audiences betah untuk muter muter melihat post yang telah kita buat sebelumnya. Oiya ini dimensi yang anda perlu tahu :

Newsfeed : 1200 x 1200 px (sebenernya sih 500 an px tapi buat jaga kualitas)

Link Preview: 1200 x 628 px (ini juga sama kaya diatas cuma lupa ukuran pastinya berapa)

Video Preview: 504 x 283 px

3) Hilangkan link atau pakai shortener.

Apabila menggunakan digital marketing agency ada baiknya anda tekankan buat text copywriting anda untuk enak dibaca oleh audiences dengan menghilangkan link url yang panjang atau bisa juga menggunakan shortener seperti bit.ly dan tinyurl supaya terlihat lebih enak. 

Setiap postingan update anda berharga dan anda harus memastikan juga bahwa itu berharga untuk audiences anda. Maksimalkan penggunaan thumbnail yang disisipkan link agar lebih bagus.

4) Posting agak panjang

Berdasarkan data dari TrackMaven, post dengan 80+ huruf mendapat 2x lipat engagement, namun ini bukan berarti setiap postingan anda harus sepanjang novel drama, 

cukup berikan konteks yang jelas dan sesuai karena pengguna facebook memiliki kebiasaan membaca.

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

5) Tanda baca

Masih data dari TrackMaven, berbagai tanda baca juga mempengaruhi hasil yang berbeda pada nilai interaksi di facebook, ini spesifik tanda baca yang saya dapat datanya :

Dengan hashtags (#) mendapat peningkatan interaksi 60% dari rata rata.

Dengan tanda seru (!) mendapat peningkatan interaksi 2,7% dari rata rata.

Dengan tanda tanya (?) mendapat peningkatan interaksi 23% dari rata rata.

6) Post di Feed

Facebook album memilki organizer yang sangat baik, namun foto yang ditaruh di dalam album agak terbatas untuk mendapat engagement pada setiap foto yang diupload. 

Namun dengan foto yang sama di upload langsung ke feed (dalam satu kali postingan) mendapat traksi lebih banyak. Sekedar rekomendasi untuk posting di feed terlebih dahulu baru nanti dimasukan ke dalam album.

7) Batasi karakter link

Pada saat anda upload link secara langsung ke feed dan apabila post original nya memilki title yang panjang pastikan untuk anda mengedit title nya. 

Semua title yang memiliki karakter lebih dari 100 akan otomatis terpotong saat diposting ke feed facebook business page, tidak mau kan inti pesan anda malah terpotong?

Baca juga artikel mengenai : 4 CARA OPTIMASI SOSIAL MEDIA [2018]

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

8) Posting setelah jam kerja

Berdasarkan data dari studi TrackMaven, update post yang di publish setelah jam kerja (17.00 – 01.00 WIB) memiliki 11% interaksi lebih banyak apabila dibandingkan dengan update post yang di publish pada pagi hari (08.00 – 17.00 WIB),

Bahkan ada peningkatan interaksi sebesar 29% pada update post yang di publish sebelum jam kerja (pada jam tertentu saja). 

Nah ini bisa dijadikan referensi baik untuk digital marketing agency di Jakarta, Indonesia atau perusahaan anda untuk update post yang akan di publish secara harian.

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

9) Posting saat weekend

Dengan pola yang sama, kami menemukan bahwa update post yang di publish pada hari minggu memiliki nilai engagement 25% lebih tinggi apabila dibandingkan dengan update post yang di publish pada hari rabu

(fun fact nya update post yang di publish weekend 18% lebih sedikit dibandingkan weekday).

Pola yang sama juga terjadi dengan email, coba lebih berkesperimen lagi dengan data ini, dan kalau ada fakta terbaru boleh disampaikan di kolom komen biar kami bisa selalu update.

10) Emoticons.

Dari data yang di dapat pada AMEX open forum, dengan menggunakan emoticon memberi beberapa perubahan pada nilai interaksi di facebook;

Post yang menggunakan emoticon mendapat 33% nilai share lebih tinggi.

Post yang menggunakan emoticon mendapat 33% komen lebih banyak.

Post yang menggunakan emoticon mendapat 57% like lebih banyak.

 
digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

LINKEDIN

Menurut linkedin, lebih dari 4 juta perusahaan memiliki linkedin company pages, selanjutnya 87% user percaya bahwa linkedin adalah sumber terpercaya yang dapat mempengaruhi pola pengambilan keputusan.

Bagaimana anda dapat memastikan bahwa konten anda masuk ke kategori yang terpercaya? Yuk kita simak bahasan dibawah, agar anda dan kawan kawan yang bekerja di perusahaan digital marketing bisa lebih efektif dalam promosi sosial media channel nya..

11) Batasi link title.

Saat anda meng upload sebuah link secara langsung ke linkedin company page, pastikan anda melakukan sedikit editing pada title kalau originalnya memilki title yang panjang.

Karena semua title yang lebih dari 70 karakter akan di cut off saat anda upload post.

digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

12) Batasi link deskripsi.

Sama juga seperti peraturan diatas, deskripsi diasosiasikan dengan status update  anda, sehingga anda punya “jatah” 250 karakter, apabila lebih dari 250 karakter tentunya akan di cut off.

Jadi pertimbangkan baik baik meta deskripsinya agar maksimal.

13) Share links.

Menurut quicksprout, menyisipkan sebuah link di dalam posting linkedin dapat meningkatkan 200% nilai engagement.

14) Share gambar.

Masih menurut sumber yang sama, memposting gambar memberi dampak 98% peningkatan comment rate.

15) Share video.

Oiya jangan lupa untuk memberikan embed konten video untuk di posting pada linkedin, bisa dari youtube, vimeo, dll karena terbukti memiliki share rate 75% lebih tinggi.

16) Post 1x sehari.

Menurut linkedin mempublish 20 post per bulan akan meingkatkan jangkauan audience anda sebesar 60%

17) Buat penawaran.

Menurut data dari para praktisi digital marketing agency di Jakarta, linkedin 277% lebih efektif untuk generate leads dari pada facebook dan twitter,

Karena pengguna linkedin lebih welcome untuk mengkonsumsi konten selama memang konten itu memiliki nilai untuk kesuksesan mereka.

Dengan 17 cara ini anda dapat mempersiapkan untuk program mengoptimalkan serta mendominasi facebook dan linkedin sebagai salah satu channel social anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *